Cara Membuat Meja Dapur Cor Sendiri


Dapur termasuk komponen rumah yang penting serta sepatutnya untuk dilihat. Khusus sebab di sinilah kita akan menyiapkan kuliner bagi semua member keluarga. Kenyamanan serta kebersihan dapur patut senantiasa dijaga, bukan cuma alat-alat masak yang ada di dalamnya tapi setiap bagian yang membentuk dapur itu sendiri. Salah satunya yakni meja dapur. Meja dapur seringkali jadi sentra perhatian sebab aneka kesibukan tentang masak memasak akan dikerjakan di atasnya. Daya serta keawetan meja dapur menjadi nilai penting yang tidak boleh terlewatkan. Sebab itulah banyak orang mencari sistem membikin meja dapur cor yang ternyata lebih awet serta kuat dibanding meja kayu atau plastik.

Banyak meja dapur yang terbuat dari bahan baku kayu, stenlis, alumunium sampai triplek. Tetapi, meja dari bahan cor beton masih jadi unggulan. Alasan utamanya ialah dari segi energi, meja ini paling kuat serta bendung lama. Bahannya takkan lapuk maupun terpengaruh rayap. Desainnya juga tidak keok abgus dari meja kayu atau triplek. Malahan meja ini dapat tampil makin menarik berkat tambahan keramik atau granit di atasnya. Perawatannya juga gampang dan pengendalian sanitary malah tidak terlalu susah sebab dapat ditanam dari bawah permukaan keramik. Berikut ialah sistem membikin meja dapur cor dan hal-hal yang penting dipandang dalam cara kerja pembuatannya.



Persiapan dan Sistem Membikin Meja Dapur Cor

Sebelum membahas langkah-langkah pembuatan, kita simak terutamanya dulu hal penting apa saja yang semestinya diamati dalam pembuatan meja dapur cor beton :

1.    Pertama, ketinggian meja semestinya disesuaikan tinggi badan pemakai, terutamanya kaum ibu. Sekiranya perlu, ukur dan tanyakan pada pemakainya. Ukuran standar meja dapur ini berhubungan kenyamanan dalam penerapan meja nantinya.

2.    Kecuali itu, kelengkapan sanitary serta pipa air juga haru ditanam dalam pasangan batu lalu ditutup memakai keramik. Pengeleman semestinya rata, total serta rapat guna menghindari kebocoran.

3.    Kemudian, kermaik besi behel yang dipakai sebagai kerangka plat meja semestinya berdiameter 8 mm serta dibentuk cukup rapat. Lantai meja dapat memakai granit atau keramik yang teksturnya halus serta mengkilap.

Sesudah memutuskan ukuran meja dapur keramik, saatnya mengawali langkah-langkah pembuatan.

1.    Bila dinding yang dipakai dalam merekatkan meja ialah dinding lama, bersihkan terutamanya dulu cat serta plamiran di komponen yang akan dipasang dinding meja. Kelupas dengan memakai sekrap elastis. Bobok komponen plesteran lama dengan memakai pahat beton tajam. Dinding akan bersih dari cat lama serta permukaan yang terdapat bekas lubang bobokan agak rapat jaraknya. Hal ini berkhasiat agar nantinya adukan serta keramik dinding meja bisa melekat secara total pada dinding.
2.    Ukur ketinggian meja dapur pantas tinggi badan pemakai meja nantinya. Tinggi rata-rata orang Indonesai lazimnya ialah 160 cm, karenanya buat ukuran 80 cm untuk wastafel serta 65 – 70 cm untuk meja kompor. Tinggi di atas ialah ukuran tepat untuk meja dapur cor minimalis sesudah dipasang keramik di atasnya.

3.    Buat lebar antara 65 – 80 cm sehingga ketinggian cor sesudah dikurangi tebal dari adukan keramik serta tebal keramik kaprah-kaprah 3 cm. Sementara untuk ketebalan cor meja adalah 6 – 7 cm. Berikutnya, ukur panjang meda dapur dan pilih apakah meja akan berbentuk L atau sekadar lurus saja. Sebaiknya, letakkan meja ada komponen sudut rumah serta dekat jendela sebagai ventilasi.

4.    Pasang batu bata di sisi atau ujung meja selebar 65 – 80 cm.  Ketinggian pasangan batu bata ini ialah supaya didapat meja dengan ukuran di atas 70 cm untuk wastafel serta 55 – 60 cm untuk meja kompor.

5.    Sesudah dicor serta dipasang keramik, akhirnya akan terlihat seperti gambar meja dapur cor yang diharapkan. Pasangan batu bata ini juga mempunyai fungsi sebagai dinding di komponen kanan serta kiri meja serta kaki meja dapur cor.

6.    Bila saluran air masuk maupun saluran air dekil belum juga tersedia, karenanya pasang dahulu pipa sepanjang ½ inch sebagai saluran air bersih serta pipa 2 ½ inch sebagai saluran air dekil. Tanamkan di dinding dan di bawah lantai rumah. Sediakan juga sebagian lubang drat guna memasang kran.

7.    Kemudian buatlah begisting yang terbuat dari papan serta kayu gelam sebagai penyangga. Tinggi begisting adalah 60 cm untuk meja kompor serta 70 cm untuk wastafel. Hasil desain meja dapur beton nantinya ialah bertingkat dengan selisih kaprah-kaprah 10 cm.

8.    Berikutnya, potong behel dengan diameter 8 mm dan sesuaikan dengan panjang meja dapur cor. Bengkokkan komponen ujungnya dan rangkai dengan diberikan jarak 10 cm, lalu ikat memakai kawat. Sisakan ruang bagi wastafel dengan ukuran sama di komponen bawah atau mangkok wastafelnya. Komponen ini tidak perlu dipasangi besi tapi cuma pada komponen pinggir atau sisi kanan kiri wastafel dengan arah memanjang.

9.    Sekiranya telah selesai menganyam besi, karenanya metode membikin kitchen set beton selanjutnya ialah dengan menutup pinggir begisting memakai papan atau hek. Atur supaya ketinggianyya antara 6 – 7 cm. Lakukan pengecoran memakai adukan secukupnya. Perbandingan antara semen, pasir dan koral ialah 1 : 2 : 3.

10.    Sekiranya pengecoran sudah selesai, karenanya meja dapur cor sudah jadi. Biarkan supaya mengering selama semalam sebelum dipasang keramik.



Pemasangan Keramik untuk Meja Dapur dari Kayu

Pemasangan keramik menjadi progres lanjutan dari progres pembuatan meja dapur cor ini. Penambahan keramik secara khusus merupakan supaya meja dapur cor kian terlihat menarik. Pemasangan keramik tentu takkan diperlukan pada sistem membikin meja dapur dari kayu, tapi meja yang terbuat dari cor beton akan kian total berkat tambahan keramik.

1.    Ukur terutamanya dulu ketinggian meja dapur, timbang menerapkan selang air dan tandai dengan paku lalu pasang benang. Ketebalan pasangan keramik menerapkan adukan yaitu 3 cm.

2.    Pasang keramik mulai dari sisi atau ujung pinggir meja. Usahakan supaya nat lantai meja sama seperti nat dinding meja. Apabila semestinya dikerjakan progres pemotongan di tahap akhir pemasangan, karenanya lakukan secara rapi serta halus.

3.    Bongkar begisting secara pelan serta hati-hati. Plester pasangan bata di komponen dalam dari meja dapur lalu lakukan plamir serta cat sesudah kering.

4.    Di sisi depan yang secara lantas bersinggungan dengan perut atau pinggang pengguna meja dapur, pasanglah keramik dengan ukuran 4 – 5 cm.

5.    Kalau segala keramik sudah terpasang, isi nat menerapkan grout yang cocok warna keramik.

6.    Tahap terakhir merupakan dengan memasang kran air, wastafel serta pipa saluran air cucian.



Membikin serta memasang keramik pada meja dapur cor memang mempunyai tingkat kesusahan cukup tinggi, malahan lebih tinggi dari sistem membikin meja kompor dari kayu. Diperlukan ketelitian serta kesabaran pada tiap-tiap progres pembuatannya. Kecuali itu, progres pembuatannya juga memakan waktu yang lebih lama. Akan namun, hasil yang didapatkan akan lebih memuaskan sebab awet, bendung lama serta kokoh. Demikian semoga isu di atas berguna.
Newest
Previous
Next Post »